Rekomendasi Toko Batik di Yogyakarta


Rekomendasi Toko Batik Yogyakarta – Batik adalah pakaian khas masayarakat Indonseia yang sekaligus sebagai salah satu warisan budaya Nusantara yang sudah diakui oleh UNESCO. Tidak hanya berfungsi sebagai busana saja, batik juga mengandung karya seni yang terdapat pada motif kain yang kaya akan filosofi dan sejarah. Motif-motif tersebut juga menjadi ciri khas nama dan wilayah batik tersebut berasal. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik terbaik di Indonesia adalah Kota Yogyakarta.

            Kota Yogyakarta adalah salah satu kota yang kami rekomendasikan jika anda ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Banyak hal yang bisa kita jumpai saat ke Yogyakarta, dari wisata alamnya yang menawarkan pesona pantai, hutan, hingga bangunan-bangunan bersejarahnya. Hingga wisata kuliner yang beranekaragam seperti Gudeg, Bakpia, dan lain-lain. Dan yang pasti jika anda pergi ke Yogyakarta, rasanya kurang afdol jika tidak membeli batik khas Yogyakarta. Yogyakarta memang menjadi salah satu tempat penghasil batik yang cukup terkenal di Indonesia, di Yogyakarta anda akan menemukan banyak gerai batik dengan aneka ragam motifnya. Berikut ini adalah rekomendasi Toko-toko Batik yang bisa anda kunjungi jika sedang berpergian atau melewati kota Yogyakarta:

  • Pasar Beringharjo

            Tempat pertama yang wajib dikunjungi adalah pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo adalah pasar tertua yang tentunya mengandung banyak nilai historis dan menjadi ikon serta bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Yogyakarta.

            Sebenarnya pasar ini sama dengan pasar-pasar pada umumnya yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Namun, yang membedakan adalah pasar Beringharjo juga menjadi tempat pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, khususnya Batik. Tidak hanya menjual Batik khas Yogyakarta saja, tapi disini anda juga akan menjumpai batik-batik dari Solo, Pekalongan dan daerah lainnya.  Salah satu keuntungan jika berbelanja batik di Beringharjo adalah anda bisa melakukan tawar-menawar dengan penjual, sehingga anda akan mendapatkan batik dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.

            Jika anda ingin berbelanja di pasar Beringharjo, anda harus pergi ke jalan Malioboro, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondongmanan, Kota Yogyakarta. Pasar ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB.

  • Malioboro
Rekomendasi Toko Batik Yogyakarta
Sumber Gambar phinemo.com

            Siapa yang tidak kenal dengan jalan Malioboro? Ya, Malioboro adalah tempat yang wajib anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Di jalan Malioboro juga sangat banyak gerai penjual batik di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan tersebut, mulai dari ruko-ruko kecil, ruko-ruko besar, hingga toko batik ternama. Harganya juga relatif terjangkau dibandingkan tempat lain, dan anda masih bisa melakukan tawar-menawar selayaknya berada di pasar.

            Jika anda sedang berjalan-jalan di Malioboro jangan lupa untuk membeli batiknya, baik untuk dipakai sendiri ataupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun kerabat.

  • Toko Batik Winosastro
Rekomendasi Toko Batik Yogyakarta
Sumber Gambar www.rumah.com

            Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Batik Winosastro. Selain menjual batik, di tempat ini anda juga bisa belajar secara langsung cara membatik. Disini juga menjual beraneka ragam jenis batik, dari batik cap hingga batik tulis, dan juga terdapat banyak motif yang bisa anda pilih.

            Jika anda ingin pergi ke Batik Winosastro, anda harus pergi ke alamat jalan Tirtodipuran nomor 54, Mantirojen, Kota Yogyakarta. Toko ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.

  • Desa Krebet

            Desa Krebet juga termasuk dalam desa wisata karena banyaknya sentra pembuatan batik di desa tersebut. Selain menjual kain batik, di desa ini anda juga akan menjumpai karya seni lain, diantaranya seperti topeng, wayang, sandal, hingga cindera mata yang berunsur batik. Anda juga bisa melihat secara langsung proses pembatikan dan proses pembuatan kerajinan lainnya.

            Desa Krebet terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

  • Toko Batik Wisnu

            Rekomendasi toko terakhir adalah Toko Batik Wisnu. Toko batik ini terletak di jalan Ibu Ruswo nomor 14, Prawirodirjan Gondoman, Kota Yogyakarta. Anda bisa memilih batik mulai dari eceran hingga grosir, untuk pembelian grosirnya tentunya akan ada penawarn khusus yang bisa anda manfaatkan. Untuk jam operasionalnya, anda bisa berkunjung dari pukul 07.30 hingga pukul 21.00 WIB.

            Itulah beberapa rekomendasi beberapa tempat pebelian batik yang kami rekomendasikan, jika anda pergi ke kota Yogyakarta.  Jika kalian ingin melihat rekomendasi tempat batik di kota-kota lain, tetap stay tune di website kami, karena kami akan memberikan rekomendasi tempat membeli batik di kota-kota lain.

Baca juga : Rekomendasi Toko Batik di Pekalongan


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.