Rekomendasi Toko Batik di Pekalongan


Rekomendasi Toko Batik Pekalongan – Batik adalah pakaian khas masayarakat Indonseia yang sekaligus sebagai salah satu warisan budaya Nusantara yang sudah diakui oleh UNESCO. Tidak hanya berfungsi sebagai busana saja, batik juga mengandung karya seni yang terdapat pada motif kain yang kaya akan filosofi dan sejarah. Motif-motif tersebut juga menjadi ciri khas nama dan wilayah batik tersebut berasal. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik terbaik di Indonesia adalah Kota Pekalongan.

            Kota Pekalongan memang identik dengan batik, hal ini mengacu pada banyaknya pengrajin batik yang lahir dan berkembang di kota tersebut. Jika anda sedang berpergian ke kota Pekalongan jangan heran bila anda menjumpai banyaknya sentra produksi Batik baik tingkat rumahan ataupun industri. Tak ayal bila kota Pekalongan disebut juga sebagai “Kota Batik”, hal tersebut dikarenakan eksistensi kota Pekalongan dalam menjaga serta melestarikan karya seni batik hingga saat ini. Banyak motif batik yang berasal dari kota Pekalongan, motif tersebut lahir dari rentetan peristiwa sejarah ataupun lahir dari pengaruh budaya luar. Seperti hal nya batik Hokokai yaitu jenis batik yang dipengaruhi oleh budaya Jepang karena bentuknya yang mirip kimono, dan ada juga jenis batik bermotif burung Phoenix yang lahir karena pengaruh dari budaya Tiongkok. Namun dari semua jenis dan motif tersebut, motif Jamplang adalah motif yang paling dikenal di kota Pekalongan, alasan mengapa motif Jamplang paling dikenali adalah motif terebut menghiasi logo dari Kota Pekalongan. Bila anda sedang mencari batik khas kota Pekalongan, rasanya kurang pas jika anda belum mengunjungi tempat-tempat berikut:

  • Pusat Grosir Setono

            Pusat Grosir Setono atau lebih dikenal dengan nama PGS adalah sebuah pasar yang ber alamat di jalan Dr. Sutomo No. 1-2, Karangmalang, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan adalah salah satu sentra batik terbesar di kota Pekalongan. Terdapat batik tulis ataupun batik cap dengan bermacam-macam motif dan variasi yang bisa anda jumpai disini, serta anda bisa membelinya dari eceran hingga grosiran. Letak yang strategis membuat PGS tidak pernah sepi dikunjungi, ditambah jam kerja pasar yang buka hingga malam hari menjadikan PGS salah satu tempat yang selalu ramai di kota Pekalongan.

  • International Batik Center

            Berbeda dengan Pusat Grosir Setono, International Batik Center lebih seperti Supermarket batik yang didalamnya khusus menjual produk batik dari Pekalongan. Jika anda ingin mencari batik dengan kualitas premium, International Batik Center adalah tempat yang wajib anda kunjungi. Terdapat jenis batik tulis ataupun batik cap yang diperjualkan oleh ratusan gerai. Selain menjual batik, International Batik Center juga menjual berbagai cindera mata dengan konsep batik yang bisa menjadi opsi jika anda ingin membeli produk lain. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap, menjadikan International Batik Center sebagai tempat rekomendasi yang perlu anda kunjungi di kota Pekalongan. International Batik Center sendiri ber alamat di Kecamatan Wiradesa, Pekalongan.

  • Kampung Pesindon
Rekomendasi Toko Batik Pekalongan
Sumber Gambar tourism.pekalongankota.go.id

            Kampung Batik Pesindon adalah sebuah kampung yang berada di jalan Pesindon Raya, Kelurahan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Desa Pesindon dikenal sebagai desa batik, karena banyaknya UKM batik yang bertempat tinggal di kampung tersebut. Letaknya yang berada di pusat perkotaan Pekalongan, menjadikan Kampung Pesindon mudah dikunjungi oleh banyak orang. Ketika mengunjungi kampung ini, anda akan disajikan panorama batik di sisi kanan kiri perjalanan dengan banyaknya showroom pengrajin batik dan mural-mural batik yang menghiasi tembok-tembok kampung. Kelebihan jika membeli batik di Kampung Pesindon adalah anda bisa berinteraksi langsung dengan pengrajin batik, dan yang lebih membanggakan produk batik dari Kampung Pesindon juga sudah mampu menembus pasar Internasional.

  • Batik Art Oey Soe Tjoen

            Jika anda mencari karya batik langka alias “limited edition” mungkin toko Batik Art Oey Soe Tjoen adalah tempat yang anda cari. Mengapa demikian? Karena batik yang diproduksi memiliki ciri khas yaitu motif bolak-balik yang mempunyai motif gambar yang berbeda. Selain itu, anda bisa menemukan batik Hokokai yaitu batik yang mempunyai bentuk seperti kimono, bahkan motif pada batik Hokokai tersebut diekspor khusus dari negara Jepang. Jika anda ingin mengunjungi sentra Batik Art Oey Soe Tjoen anda harus pergi kewilayah Kedungwuni.

  • Kampung Batik Wiradesa

            Selain Kampung Pesindon, terdapat juga kampung lain yang mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai pengrajin batik yaitu kampung Wiradesa. Ber alamat di Kepatihan, Kecamatan Wiradesa, Kota Pekalongan. Di kampung ini terdapat banyak showroom batik, salah satu yang terkenal adalah batik Wirakuti. Bila anda ingin mencari batik grosiran, maka Kampung Batik Wiradesa adalah tempat yang cocok untuk anda kunjungi.

            Itulah beberapa Rekomendasi Toko Batik Pekalongan yang kami rekomendasikan, jika anda pergi ke kota Pekalongan.  Jika kalian ingin melihat rekomendasi tempat batik di kota-kota lain, tetap stay tune di website kami, karena kami akan memberikan rekomendasi tempat membeli batik di kota-kota lain.


One response to “Rekomendasi Toko Batik di Pekalongan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.