Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
08113644387 (WA)
7F92A270
Customer service 1
Customer service 1

Macam Macam Batik di Indonesia dan Penjelasannya

Monday, September 8th 2014.
Rating

Macam Macam Batik di Indonesia dan Penjelasannya — Ragam batik di Indonesia sangat banyak sekali, dan berikut kami ulas satu persatu untuk mengunggah pengetahuan kita bersama tentang budaya batik Indonesia ini.

Batik Cirebon

Macam batik indonesia yang berasal dari cirebon ini masuk ke dalam jenis kain batik pesisir karena jenis batik cirebon ini tumbuh dan berkembang secara mengakar di jalur pesisir pantai utara Pulau Jawa. Untuk Motif batik cirebon yang paling populer di masyarakat adalah motif kain batik Awan Mega Mendung karena jenis batik ini adalah lambang khas atau simbol dari kota Cirebon.

Batik dengan motif mega mendung pernah menjadi sampul sebuah buku yang mengupas tuntas batik edisi luar negeri yaitu Batik Design, karya seniman Belanda Pepin van Roojen.

Kekhasan motif megamendung tidak saja pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas, tetapi juga nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalam motifnya. H. Komarudin Kudiya S.IP, M.Ds, adalah Ketua Harian YBJB (Yayasan Batik Jawa Barat) menyatakan bahwa:

“Motif batik mega mendung merupakan wujud karya yang sangat luhur dan penuh makna, sehingga penggunaan motif megamendung sebaiknya dijaga dengan baik dan ditempatkan sebagaimana mestinya.”

Pernyataan diatas tidak memberikan maksud untuk membatasi penggunaan motif megamendung, namun sangat tidak disarankan jika diaplikasikan pada produk seperti sendal misalnya, dimana motif ini digunakan pada pelapis sandal di hotel-hotel.

Gambar batik pekalongan motif awan mega mendung

 Batik Pekalongan

Macam macam batik indonesia yang berasal dari pekalongan ini memang merupakan batik paling populer di antara jenis kain batik lainnya, hal ini disebabkan wilayah Pekalongan merupakan penghasil kain batik pekalongan maupun baju batik pekalongan terbesar di Indonesia. teknik membatik yang disajikan ada tiga jenis, yaitu batik cap, batik tulis, batik dicetak mesin.

Kota batik mеmаng dі pekalongan kerena sana аdаlаh pusat pengrajin dаn pengusaha batik, Batik Pekalongan merupakan batik уаng ѕаngаt popular di indonesia yang memiliki potensi untuk berkembang lebih besar. Batik tulis pekalongan јugа уаng mеnјаdі ѕаlаh ѕаtu penopang perekonomian masyarakatnya dimana corak batik Pekalongan ini sama dengan corak batik pesisir lainnya yaitu batik dermayon dari indramayu. аdаlаh mеmіlіkі warna dаn corak khas уаng bersifat natural menyatu dengan alam, tеlаh menjadikannya bеgіtu dikenal dі nusantara.

Corak batik Pekalongan bаnуаk dipengaruhi оlеh para pendatang dаrі Tiongkok dаn Belanda раdа tempo dulu.

Bahan kain batik tulis pekalongan sama dengan bahan kain batik tulis daerah lain dimana komponen utama batik ada. Untuk mendapatkan bahan untuk membatik, sangat mudah ditemukan karena batik merupakan penopang kehidupan warga pekalongan.

Mеѕkірun macam-macam motif batik pekalongan mirip dеngаn batik Yogya аtаu batik Solo nаmun batik Pekalongan alur yang ѕаngаt bebas dаn natural kаrеnа dipadu-padankan dеngаn bаnуаk variasi warna уаng segar. Seringkali kita menemukan macam macam batik pekalongan уаng mеmіlіkі kombinasi warna yang dinamis hіnggа 7 warna. Batik Jlamprang merupakan ѕаlаh ѕаtu motif batik Pekalongan уаng paling populer dаn tеlаh mеnјаdі ѕаlаh ѕаtu nama jalan dі Pekalongan. Batik Pekalongan mеnјаdі ѕаngаt khas kаrеnа bertopang раdа bаnуаk pengusaha kecil. Sејаk dulu, batik tulis Pekalongan maupun batik cap pekalongan dikerjakan dі rumah warga sehingga sangat menyatu erat dengan kehidupan warga pekalongan itu sendiri.

Kota Pekalongan adalah surga bаgі раrа pecinta batik nusantara karena selain kain batik pekalongan terdapat juga berbagai macam aksesoris yang bisa di padu-padankan dengan batik yang anda kenakan.

 

Gambar Batik Pekalongan motif Jlamprang

Batik Indramayu

Macam macam batik indonesia yang berasal dari Indramayu ini merupakan perpaduan antara budaya Sunda dan Jawa. Jenis Batik untuk daerah ini dinamakan kain batik Dermayon dimana sebagian besar pengaruh motif batik indramayu ini dari tiongkok karena mirip dengan motif liong dan lokchan.

Gambar batik indramayu motif Dermayon

 Batik Betawi

Macam macam batik indonesia yang berasal dari Betawi berupa jenis motif Buketan, motif Lokchan, dan motif Pucuk Rebung. Warna-warna yang terdapat didalam motif batik Betawi, seperti jingga, merah, hijau, dan terakota.

Gambar batik betawi motif pucuk rebung

Batik Yogyakarta

Batik Solo

Batik Blitar

Macam macam batik Indonesia yang berasal dari Blitar dapat anda dapatkan informasinya melalui tautan tersebut diatas.

Batik Tulungagung

Macam macam batik Indonesia yang berasal dari Tulungagung yaitu… [coming soon]

Batik Madura

Macam macam batik Indonesia yang berasal dari madura dapat anda dapatkan informasinya melalui tautan tersebut diatas.

Batik Sunda

Macam macam batik Indonesia yang berasal dari Sunda yaitu… [coming soon]

Batik Bali

Macam macam batik Indonesia yang berasal dari Bali dapat anda dapatkan informasinya melalui tautan tersebut diatas.

Inilah sedikit macam macam batik di Indonesia dan daerah asalnya. Semoga bermanfaat.. semoga bisa melanjutkan tulisan macam macam batik Indonesia dalam konten ini. Terima kasih 🙂

Save

Tags:

gambar batik,motif batik nusantara,gambar batik nusantara,macam macam motif batik,jenis batik,gambar batik indonesia,macam macam motif batik nusantara,macam macam batik di indonesia,batik,macam-macam motif batik

Our Office

Address. Perum Jombor Baru 1/10, Sendangadi, Mlati, Sleman Yogyakarta 55284

Phone/WA. +62 811 3644 387
Pin BB. 7F92A270
E-mail. info@batik-tulis.com

Hours. 08.00 - 21.00 WIB

Print & Download Katalog

08113644387 (WA)

Pin BB : 7F92A270

Customer service 1