BAGIKAN
Gambar Kain Batik Cap Wonogiri
Gambar Kain Batik Cap Wonogiri
kain batik cap wonogiren KBT-001
kain batik cap wonogiren KBT-001

Jual Kain Batik Cap Wonogiren KBT-0001. Wonogiri bukan merupakan kota budaya, namun kota ini ternyata juga mempunyai potensi budaya yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi yakni batik cap wonogiren yang berada di sentra batik tulis Kecamatan Tirtomoyo. Jumlah pengrajin batik cap wonogiren sekitar 25 orang lebih dan kemampuan produksi setiap pelaku bisnis sekitar 2.500 lembar kain batik setiap tahunnya.

Dalam sejarahnya batik cap Wonogiren berdiri pada tahun 1910, saat pejabat keraton memberikan tugas kepada para abdi dalem Keraton Mangkunegaran Surakarta untuk bertugas di daerah Tirtomoyo Wonogiri. Untuk kualitas hasil produk kain batik sangat bersaing dengan sentra batik kota-kota lain seperti Pekalongan, Solo, dan Rembang. Batik cap wonogiren mempunyai karakteristik khusus dalam kreasi corak batiknya yakni Dasaran (kuning kecokelatan), corak Bledak, Sekaran (lukisan bunga), dan Babaran (guratan pecah).

Ragam corak batik tersebut merupakan hasil riset dan pengembangan corak untuk mengikuti selera pasar yang cenderung beragam dengan melakukan kombinasi antara motif modern dan motif tradisional. Selanjutnya Para pengrajin tidak menutup kemungkinan untuk mengerjakan corak maupun motif batik klasik seperti motif batik Truntum, motif batik Sidomukti, motif batik Sidoasih, motif batik Sidomulyo, motif batik Wahyu Tumurun, motif batik Latar Putih, motif batik Bledak, motif batik Parang Rusak, dan motif batik Parang Barong.

Motif batik cap wonogiren terinspirasi dari pengembangan motif Batik Klasik dari Keraton Mangkunegaran Surakarta. Beragam motif Batik juga dipengaruhi oleh adanya tren model baju batik yang saat ini tengah berkembang di masyarakat, misalnya tren koleksi tanaman Anthurium jenis Jemani di tahun 2007 lalu. Hal ini menjadi inspirasi bagi para pengrajin sehingga terciptalah Batik Motif Jemani.

Tags:

batik wonogiri,motif batik wonogiri,motif batik wonogiren,batik parang barong dari wonogiri

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here