BAGIKAN
motif batik tulis salingka tabek

Batik tulis Salingka Tabek Sawah Parik Jorong Bawah Duku Nagari Koto Baru mulai go internasional dan sudah lebih dari 2 kali tamu mancanegara berkunjung ke pusat kerajinan Batik Tulis di wilayah Kecamatan Kubung, Kabupeten Solok ini.

Usaha produksi batik yang telah dikembangkan dengan otodidak ini, semakin dikenal, mulai dari daerah hingga Nasional. Hal ini disebabkan oleh Batik Tulis Salingka Tabek ini mengikuti beberapa pameran, mulai tingkat provinsi hingga skala nasional.

Gambar Motif Batik Tulis Salingka Tabek

motif batik tulis salingka tabek Solok sumatera barat
Motif Batik Tulis Bungo Sikajuk
batik tulis salingka tabek
batik tulis salingka tabek

Wisatawan mancanegara seperti dari Malaysia berkunjung ke rumah usaha Batik Tulis Salingka Tabek bersama beberapa agen travel seperti yang dilakukan Rizky Travel Bandung.

Para tamu mancanegara yang hadir akan disajikan proses pembuatan batik tulis Salingka Tabek serta mendapat penjelasan dari pemilik usaha tentang bagaimana sejarah motif batik tulis Salingka Tabek ini dihasilkan serta makna yang terkandung didalamnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini para wisatawan mancanegara terutama dari Malaysia mulai beralih minat dari sulaman ke Batik tulis, Dan ini merupakan kesempatan bagi batik tulis Salingka Tabek untuk lebih mengembangkan produknya terutama pengembangan motif batik tulis salingka tabek yang lebih beragam karena akan menjadi nilai tambah secara produk maupun budaya lokal itu sendiri.

Beberapa travel agency juga telah menyatakan siap membantu dalam melayani pesanan pengiriman batik khas kota Solok Sumatera Barat, salah satunya adalah Rizky Travel. Pastinya Batik tulis salingka tabek ini akan menjadi harapan masyarakat Kota Solok untuk mengankat nama Kabupaten Solok melalui kreativitas para seniman batik tulis ini.

Beberapa motif batik tulis yang dikembangkan oleh Batik Tulis Salingka Tabek diantaranya adalah motif batik Asok Jaramo, motif batik Bungo Sikajuk, motif batik Buruang Pipik Makan Padi, motif batik Masajik tuo, motif batik Kacang Tanah Basalewa Adaik, motif batik Malambuk Padi,
motif batik Ramo2 kapujan, motif batik Pesona Alam Koto Baru dan motif lainnya.

Daftar Pustaka Motif Batik Tulis Salingka Tabek

  1. Waitlem, 2019. “Batik Tulis Salingka Tabek Go Internasional”, Harian Singgalang. Online: http://shorturl.at/bmsAK diakses pada 21 Mei 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.