Rekomendasi Toko Batik di Madura


Rekomendasi Toko Batik Madura – Madura tidak hanya sekadar dikenal dengan kegiatan karapan sapinya namun anda juga harus mengetahui keindahan yang penuh warna yaitu batik Madura yang memiliki motif khas tersendiri.

Batik Madura merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kini mulai banyak di minati oleh masyarakat Indonesia karena ragam motif  yang dimiliki batik Madura.

Dalam sejarahnya, batik Madura berkembang sejak abad ke-16 hingga abad ke-17 masehi. Ketika terjadi peperangan tersiar kabar bahwa Raden Azhar mengenakan pakaian kebesarannya menggunakan baju batik motif parang atau motif batik leres dalam bahasa Madura.

Rekomendasi Toko Batik Madura
Batik Klasik Cokelat Jingga Sumber bergaya.id

Motif Batik Madura

Motif batik leres merupakan motif batik Madura dengan menonjolkan garis melintang simetris, selaras dengan motif batik jawa pada umumnya yaitu batik Pekalongan, batik Solo, dan batik Yogyakarta. Motif batik Madura cenderung menggunakan warna berani seperti warna merah, kuning, hijau dan biru. Warna pada kain terbuat dari bahan pewarna alami soga alam, seperti mengkudu, tingi untuk pewarna merah dan Daun tarum digunakan untuk pewarna biru, serta kulit mundu yang ditambah tawas untuk memberikan warna hijau pada kain batik Madura.

Proses perendaman kain batik Madura dilakukan untuk menentukan tingkat terang dan gelapnya warna yang dihasilkan, lama perendaman kain batik Madura biasanya sekitar 1-3 bulan. Selain itu bertujuan untuk membuat warna kain batik Madura lebih tahan lama.

Ragam motif batik Madura diambil dari motif tumbuhan, binatang, dan motif kombinasi yang merupakan kreasi para pembatiknya. Batik Madura memiliki 2 jenis yaitu motif batik pesisiran dan motif pedalaman untuk motif pesisiran cenderung berani seperti biru, sedangkan batik pedalaman cenderung bergaya klasik dengan ornamen utama warna gelap.

Salah satu ciri khas batik Madura antara lain yaitu memilik garis-garis dominan yang tersaji dalam satu desain batiknya.

Batik Madura memiliki filosofi dan cerita unik untuk merepresentasikan kehidupan sehari-hari masyarakat madura. Anda akan menemukan salah satu motif batik Madura yang menggunakan warna yang relatif cerah dan tajam seperti motif batik Matahari, Sekarjagat, Daun Memba, Keong Mas, dan Gorek Basi di wilayah Pamekasan. Dan beberapa motif batik lainnya  yang telah didaftarkan hak paten seperti pada motif batik Keraben Sapeh, Sakereh Padih-kepa, Manik-manik, dan Kempeng Saladerih.

Dan untuk kamu yang jalan – jalan ke wilayah Sumenep pasti menemukan motif batik Madura dengan satu warna saja meskipun tetap memiliki nuansa warna yang cukup cerah. Pada tahun 1970 batik Sumenep mula menggeliat kembali dengan motif unggulan yaitu motif ayam dengan warna dasar merah untuk menunjukkan ciri khas batik madura itu sendiri. Rekomendasi Toko Batik Madura, Sentra batik tulis Madura ini terletak di Desa Pekandangan Barat jaraknya sekitar 18 Km dari pusat kota.

Rekomendasi Toko Batik Madura
Sumber Gambar jejakpiknik.com

Grosir Batik Madura Murah

Toko batik ini menawarkan berbagai jenis kain dan motif batik Madura . berbagai jenis seperti  batik formal, kebaya, kain batik, dan kaftan batik. Harga batik-batik ini dijual relatif murah tergantung jenis bahan kain dan motifnya. harga mulai dari 60rb hingga 500rb. harga menyesuaikan kualitas, tingkat kesulitan proses pembatikan, kombinasi warna, dan lain-lain

Jadi untuk anda pilihlah kain batik yang senangi di toko online kami, setelah anda dapat pilihan kain batik nya, kami jahitkan Supaya lebih pas di badan baju yang anda beli agar tidak kebesaran Atau Kekecilan Ukuran standard : S, M, XL, L, XXL.

Anda juga bisa pesan langsung akan dijahitkan sesuai model yang di inginkan. Biaya Jahit Mulai Dari 35.000 hingga 50.000 tergantung model, model biasa 45.000, jika tambah fouring biaya penambahan sekitar 15.000.

            Mungkin cukup untuk artikel kali ini kami akan memberikan update Rekomendasi Toko Batik di kota-kota lainnya selalu stay tune di website kami.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.