BAGIKAN
batik rangrang
batik rangrang

model baju batik rangrang modern. Bangsa Indonesia mempunyai salah satu ragam kebudayaan yaitu kain tradisional. motif yang terbentuk pada kain-kain tradisional tersebut menginspirasi banyak pengrajin batik untuk melakukan inovasi dan pengembangan motif batik mereka, selain juga bisa belajar mencintai ragam budaya Indonesia. Salah satu motif kain tradisional yang digunakan untuk motif batik yaitu motif kain tenun cepuk rangrang yang berasal dari salah satu pulau eksotik Indonesia yaitu nusa penida, Bali.

batik rangrang fashion week
batik rangrang fashion week

Jika kita menilik sejarah kain tenun cepuk rangrang ini, merupakan jenis kain tenun yang dibuat oleh para leluhur warga Nusa Penida Bali yang digunakan sebagai perlengkapan untuk upacara keagamaan saja.

Kain tenun cepuk rangrang berasal dari dua kata yaitu Cepuk dan Rangrang atau juga disebut dengan cepuk bolong-bolong. Kain tenun Cepuk bolong-bolong ini dijadikan sebuah simbol transparansi atau keterbukaan.

Pada dasarnya kain tenun cepuk rangrang didominasi warna kuning atau merah. Pada sisi tengah kain tenun tersebut terdapat motif seperti rumput. Pada sisi luarnya atau pinggirannya biasanya terdapat hiasan bunga atau sejenisnya. Seiring perkembangan jaman, motif kain tenun ini semakin bervariasi. dengan menampilkan warna kontras dan segar agar lebih di lirik oleh dunia fashion. Untuk trend model baju batik tahun ini sepertinya motif batik rangrang jadi primadona. Motif batik rangrang tidak hanya cantik untuk dijadikan busana wanita seperti pada rok atau dress, namun juga akan nampak gagah jika dijadikan jas atau kemeja untuk para pria. Pada beberapa panggung peragaan busana motif kain batik rangrang ini dituangkan pada kreasi busana yang cocktail dress, ready-to-wear, sampai dengan couture.

Beberapa desainer baju batik melakukan kombinasi motif batik rangrang dengan beberapa bahan seperti sifon, taffeta, satin silk, dan beberapa jenis aksesori cantik. Motif batik rangrang bisa juga dimunculkan pada bagian lingkar dada, sisi pergelangan tangan, maupun pada ujung kaki untuk menjadikan batik rangrang menjadi model baju batik modern.

Motif segitiga pada batik rangrang memberikan kesan menarik karena terlihat menonjol. Perpaduan warna pada batik rangrang tidak memberikan kesan kontemporer, sehingga sangat cocok untuk dikenakan pada beragam usia, Baik itu pria maupun wanita.

Daftar Pustaka Batik Rangrang

  • Sudarsana, I.W., Koriawan, G. E. H., 2014. Tenun Rangrang di Desa Pejukutan Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.  Online:http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/2415 diakses tanggal 27 April 2015.

Tags:

Model baju kain rangrang modern,Model baju wanita kain rangrang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here