BAGIKAN

Sejarah Motif Batik Magetan dan Penjelasannya. Kota Magetan merupakan salah satu tempat yang paling terkenal dengan pusat kerajinan kain batik tulis yang tidak kalah menariknya dengan wilayah lainnya. Kota Magetan juga mempunyai potensi pembuatan kain batik tulis sebagai bagian dari ciri khas Kabupaten Magetan yang dikerjakan oleh masyarakat asli kota Magetan. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan istilah Batik Sidomukti Magetan atau Batik Pring. Karena memang motif batik magetan yang satu ini menggunakan motif bambu yang biasa dalam bahasa Jawa diistilahkan dengan sebutan pring.

Mulai tahun 1970-an sejarah batik sidomukti magetan dimulai, batik tulis ini mulai menjadi ciri khas kota Magetan. Pembuatan batik tulis ini dikerjakan di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Plaosan, Magetan. Sesungguhnya para pengrajin batik tulis di desa tersebut tidak hanya membuat motif batik jenis Pring Sedapur saja. Namun, masih banyak motif batik tulis lainnya yang dapat mereka kerjakan, seperti motif batik Cucak Rowo, motif batik Pring Temu Rose, motif batik Parang Rusak, dan sebagainya. Namun yang paling menonjol diantaranya yaitu motif batik “Pring Sedapur”. Motif batik pring sedapur dijadikan ciri khas karena faktor banyaknya tumbuhan bambu yang mengelilingi daerah Papringan, Desa Sidomukti.

Motif Batik Magetan

Ciri khas dari motif batik Pring adalah gambar rumpun bambu tegak yang di bagian atasnya terdapat gambar bulan. Akan tetapi ada juga yang motif batiknya tanpa ada gambar bulan pada bagian atas gambar rumpun bambu tersebut. Motif Batik Magetan memiliki suatu karakter yang cukup kuat, yang dicirikan dengan bebas, dengan kombinasi warna yang relatif berani (merah, hijau muda, dan kuning). Untuk membuat batik tulis ini, membutuhkan waktu pengerjaan antara 3 sampai dengan 7 hari untuk menyelesaikan sebuah motif batik saja. Para pengrajin batik tulis banyak melakukan memodifikasi terhadap motif batik Pring Sedapur dengan mengkombinasi motif batik lain yang sedang tren dipasaran.

gambar batik sidomukti magetan motif jalak lawu
gambar batik sidomukti magetan motif jalak lawu

gambar batik sidomukti magetan motif pring sedapur
gambar batik sidomukti magetan motif pring sedapur

gambar batik sidomukti magetan
gambar batik sidomukti magetan

Gambar Batik Magetan

gambar batik sidomukti magetan motif pring sedapur sby
gambar batik sidomukti magetan motif pring sedapur sby

Model Baju Batik Magetan

batik pring sedapur

Daftar Pustaka Sejarah Motif Batik Magetan dan Penjelasannya

Sejarah Motif Batik Magetan dan Penjelasannya Tags:

sejarah batik sidomukti magetan,harga batik pring magetan,batik sidomukti dan penjelasannya,filosofi batik pring sedapur,jual batik pring sedapur,ciri khas motif batik sidomukti,batik bambu magetan,jenis batik magetan,batik magetan dan penjelasannya,batik khas magetan,batik magetan lestari,batik magetan kumandang,

Tags:

motif batik magetan,baju batik motif bambu magetan,sidomukti magetan,gambar batik magetan,batik khas magetan,gambar batik magetan dan deskripsinya,contoh batik magetan,batik sidomukti magetan pdf,batik pring sedapur magetan,batik magetan lestari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.