Rekomendasi Toko Batik di Semarang

Batik merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang ada sejak dulu dan masih eksis hingga sekarang. Batik di Indonesia memiliki beragam jenis dan motif, setiap daerah mempunyai motif batiknya sendiri. Tidak hanya berfungsi sebagai busana saja, batik juga mengandung karya seni yang terdapat pada motif kain yang kaya akan filosofi dan sejarah. Motif-motif tersebut juga menjadi ciri khas nama dan wilayah batik tersebut berasal. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik terbaik di Indonesia adalah Kota Semarang. Berikut ini adalah rekomendasi toko-toko Batik yang bisa anda kunjungi saat berada di Kota Semarang:

  1. Toko Batik Jayakarta
Rekomendasi Toko Batik Semarang
Sumber Gambar agusmulyadi.web.id

            Yang pertama adalah Toko Batik Jayakarta, toko ini berada di jalan Perintis Kemerdekaan No. 172, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Toko Batik Jayakarta menyediakan banyak aneka kain batik ataupun pakaian batik yang siap pakai, yang tentunya menggunakan bahan yang berkualitas tinggi.           

            Toko Batik Jayakarta juga menyediakan banyak jenis koleksi batik dari berbagai daerah seperti batik Semarang, Solo, Lasem, Yogyakarta, Pekalongan, dan masih banyak lagi. Dan untuk pilihan harga cukup bervariasi, dari harga mulai Rp. 30.000 hingga Rp. 200.000 untuk batik siap pakai, dan Rp. 30.000.000 hingga Rp. 2.000.000 untuk bahan kain batik.

2. Toko Batik Benang Ratu

Rekomendasi Toko Batik Semarang
Sumber Gambar kompasiana.com

            Toko selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Toko Batik Benang Ratu, toko ini berada di jalan Brigjen Katamso No. 35, Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Adapun batik yang dijual di toko ini adalah jenis batik Pekalongan, hal tersebut dikarenakan pemilik dari Toko Batik Benang Ratu adalah orang Pekalongan. Selain menjual batik, di toko ini juga menyediakan fasilitas peralatan membatik seperti kain mori, canting, hingga malam yang ditujukan kepada pengunjung yang ingin merasakan proses pembatikan dan semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis.

            Produk yang dijual di toko ini cukup bervariasi dari busana batik wanita hingga laki-laki seperti kemeja, gamis, celana batik, daster, tunik, dan masih banyak lagi. Untuk harganya juga relatif murah, untuk pakaian laki-laki mulai dari Rp. 30.000, dan untuk pakaian wanita mulai dari harga Rp. 40.000.

3. Toko Batik Keris cabang Gajah Mada Plaza

            Toko ini berada di Jalan MT. Haryono  161, Ruko Gajah Mada Plaza, Blok T3-4, Komplek Gajah Mada Plaza, Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Adalah sebuah cabang toko dari Batik Keris, adapun batik yang dijual di toko ini cukup variatif, seperti kebaya, kain batik, kaftan batik, batik brokat, dan lain-lain. Adapun batik siap pakai juga dijual disini baik untuk batik laki-laki maupun batik wanita, diantaranya seperti kemeja batik formal, baju batik kasual, baju batik couple dan masih banyak lagi. Adapun harganya juga relatif terjangkau tergantung dari jenis, motif, dan kain batik. 

4. Toko Esya Collection

            Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Esya Collection. Esya Collection merupakan sebuah butik yang menjual busana batik yang sekaligus menjadi agen dari batik asal Pekalongan. Anda bisa membeli batik baik secara eceran ataupun grosir, Ersya Collection menyediakan berbagai macam busana batik, diantaranya seperti batik sutra, busana muslim, kameja, daster, kerudung, sprey, dan aneka batik lainnya. Ersya Collection juga menerima pemesanan seragam kantoran, ataupun pernikahan.

            Jika anda berniat membeli batik di Toko Ersya Collection, anda bisa pergi ke alamat Jalan Tlogosari Raya No.77, Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

5. Kampung Batik Semarang

            Rekomendasi terakhir adalah Kampung Batik Semarang, yang letaknya tidak jauh dari kawasan Kota Lama dan Pasar Johar Semarang. Di Kampung Batik Semarang menyediakan banyak jenis koleksi dan motif batik dari berbagai daerah. Kampung Batik Semarang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga pukul 20.00.

            Kampung Batik Semarang terletak di jalan Batik No.698A, Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

            Mungkin itulah beberapa referensi Rekomendasi Toko Batik Semarang yang bisa anda temukan dan bisa anda kunjungi. Untuk artikel Rekomendasi Toko Batik lainnya anda bisa kunjungi halaman website kami.

1 thought on “Rekomendasi Toko Batik di Semarang

  1. Pingback: Rekomendasi Toko Batik Bekasi | Batik Tulis with the Highest Quality

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.