Rekomendasi Toko Batik di Rembang


Rekomendasi Toko Batik Rembang – Batik adalah pakaian khas masayarakat Indonseia yang sekaligus sebagai salah satu warisan budaya Nusantara yang sudah diakui oleh UNESCO. Tidak hanya berfungsi sebagai busana saja, batik juga mengandung karya seni yang terdapat pada motif kain yang kaya akan filosofi dan sejarah. Motif-motif tersebut juga menjadi ciri khas nama dan wilayah batik tersebut berasal. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik terbaik di Indonesia adalah Kota Rembang.

            Rembang adalah nama sebuah kota yang berada di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Di kota Rembang, terdapat sebuah daerah yang cukup terkenal dengan karya batiknya, nama daerah tersebut adalah Lasem. Lasem merupakan sebuah nama kecamatan yang berada di pesisir pantai utara Jawa yang dimana di daerah tersebut lahir sebuah mahakarya batik yang sangat ikonik. Namanya adalah “Batik Lasem”, mengapa begitu ikonik? Karena batik Lasem memiliki beberapa ciri khas yang cukup berbeda dengan batik pada umumnya. Ciri khas batik Lasem tercipta akibat akulturasi dari tiga budaya besar yakni, Jawa, Belanda ,dan Tiongkok, akulturasi tersebut bisa dilihat dari pemilihan warna yang didominasi warna coklat(Jawa), biru(Belanda), merah(Tiongkok), sehingga batik Lasem mendapat julukan sebagai Batik Tiga Negri. Hal itu bukan tanpa sebab, karena dahulu Lasem masuk dalam jalur perdagangan Belanda dan juga banyaknya orang keturunan Tingkok yang kemudian menetap dan berbaur dengan warga setempat.

            Jika anda sedang berkunjung atau mungkin sedang melawati kota Rembang, kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Lasem. Karena disana terdapat sangat banyak sentra batik yang bisa anda kunjungi untuk berbelanja ataupun sekedar berwisata. Oleh karena itu, kami akan memberikan Rekomendasi Toko Batik Rembang yang bisa anda kunjungi saat akan berbelanja batik di kota Rembang:

  • Rumah Batik Nyah Kiok
Rekomendasi Toko Batik Rembang
Sumber Gambar http://karangturi-rembang.desa.id/

            Tempat pertama yang bisa anda kunjungi adalah Rumah Batik Nyah Kiok. Rumah Batik Nyah Kiok didirikan oleh Hadi Sutjahyo dan Listyorini (Nyah Kiok) yang sudah berdiri sejak awal abad ke-20.

            Salah satu ciri khas dari Rumah Batik Nyah Kiok adalah para pembatiknya langsung mengaplikasikan lilin ke dalam kain tanpa harus diberi pola terlebih dahulu. Adapun motif batik yang bisa ditemui di Rumah batik Nyah Kiok antara lain motif gunung ringgit yang melambangkan sebuah kesejahteraan, dan juga motif kupu-kupu yang melambangkan kesederhanaan dan kesetiaan.

            Jika anda tertarik mengunjungi Rumah Batik Nyah Kiok anda bisa pergi ke desa Karangturi, tepatnya dijalan Karangturi Gg.6.

  • Rumah Batik Kidang Mas

            Rumah Batik Kidang Mas mulanya adalah bukan sebuah sentra industri batik, sang pemilik awalnya membuat batik untuk bisa dipakai sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu terdapat banyak permintaan dari banyak orang dan memutuskan untuk memproduksi batik dengan skala besar.

            Batik di Rumah Batik Kidang Mas masih menggunakan proses pembatikan secara tradisional yang menimbulkan kesan klasik dan mewah pada hasil karyanya. Untuk pewarnaan, di Rumah Batik Kidang Mas mayoritas menggunakan warna yang berasal dari alam, seperti warna coklat dari batang kayu, warna merah dari akar pohon mengkudu, dan warna biru dari daun indigofera.

            Jika tertarik mengunjungi Rumah Batik Kidang Mas, anda bisa pergi ke desa Babagan, kecamatan Lasem.

  • Rumah Batik Maranatha
Rekomendasi Toko Batik Rembang
Sumber Gambar http://karangturi-rembang.desa.id/

            Sama dengan beberapa rumah batik lainnya di Lasem, Rumah Batik Maranatha masih menggunakan cara tradisional dalam melakukan proses pembatikan. Salah satunya adalah pengolahan kain yang memakan waktu selama 1 bulan agar warna kain tidak gampang memudar. Adapun kain yang digunakan di Rumah Batik Maranatha adalah kain gamelan dan kain kereta kencana, serta terdapat beberapa motif seperti motif pasiran, motif godhong asem, motif esok sore, dan motif gunung ringgit. Rumah Batik Maranatha terletak di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

            Itulah beberapa rekomendasi beberapa tempat pebelian batik yang kami rekomendasikan, jika anda pergi ke kota Rembang.  Jika kalian ingin melihat rekomendasi tempat batik di kota-kota lain, tetap stay tune di website kami, karena kami akan memberikan rekomendasi tempat membeli batik di kota-kota lain.

Kunjungi website kami batik-tulis.com jika ingin melihat rekomendasi Toko Batik di kota-kota yang lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.