Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
08113644387 (WA)
7F92A270
Customer service 1
Customer service 1

Sejarah Motif Batik Tasikmalaya dan Penjelasannya

Sunday, January 10th 2016.
Rating

Kota Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten di propinsi Jawa Barat yang saat ini memiliki julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur. Julukan tersebut muncul karena tasikmalaya kaya akan potensi alamnya yang begitu indah terletak di wilayah selatan jawa barat. Selain cirebon, pekalongan, solo dan Jogja, tasikmalaya juga memiliki batik yang biasa disebut batik tasikmalaya, juga tergolong pada batik priangan. Kata priangan merupakan sinonim dari parahyangan yang berarti negeri para dewa. Kota yang dijuluki juga sebagai kota santri ini memiliki sentra batik tasikmalaya di desa sukapura kecamatan sukaraja. Secara garis besar batik tasikmalaya memiliki motif batik yang cenderung memberikan kesan semangat kesederhanaan, terbuka, dan pluralis juga memperlihatkan kesan imut dan unyu selaras dengan citra umum wanita sunda.

Sejarah batik Tasikmalaya

Seperti yang di lansir situs web pemerintah propinsi jawa barat yang melakukan wawancara kepada masyarakat setempat, bahwa batik tulis mulai dikenal oleh masyarakat Tasikmalaya pada masa Kerajaan Tarumanegara. Hal tersebut diperkuat dengan jumlah populasi pohon tarum yang cukup banyak guna pembuatan batik pada masa itu. Wilayah Mangunreja, Sukapura, Maronjaya, Wurug, dan Tasikmalaya Kota terdapat jejak sejarah batik tasikmalaya karena memang merupakan area pemerintahan tarumanegara yang berpusat di Sukapura yang berada di pinggiran kota Tasikmalaya. Asal mula batik tasikmalaya adalah gelombang pengungsian penduduk dari wilayah jawa tengah karena terjadinya perang di wilayah tersebut hingga pada akhirnya budaya membatik dibawa sampai sekarang.

Pada masa kejayaannya menurut sejarah batik tasikmalaya, kota ini dijuluki sebagai sentra industri batik di wilayah selatan Jawa Barat. Saat ini masyarakat Tasikmalaya bangkit untuk mengulangi kejayaan masa lalu dengan menggeliatkan kembali produk batik tasikmalaya sebagai komoditi unggulan. Untuk sementara ini bahan baku untuk pembuatan batik tasikmalaya masih mengambil dari kota pekalongan.

Batik tasikmalaya merak ngibing

Batik tasikmalaya merak ngibing

Motif Batik Tasikmalaya

Batik tasikmalaya memiliki tiga jenis motif batik yang populer yaitu Batik Sukapura, Batik Sawoan, dan Batik Tasik. Anda akan dapat membedakan secara sepintas bahwa Batik Sukapura memiliki kemiripan dengan batik madura yang memiliki kontras warna juga ukuran motifnya, sedangkan batik sawoan merupakan salah satu jenis batik yang didominasi warna coklat tua seperti pada buah sawo yang dikombinasikan warna indigo dengan ornamen dasar warna putih, sangat mirip dengan batik solo dan batik cirebon. Untuk batik tasikmalaya sendiri memiliki ciri khas penggunaan warna yang cerah karena pengaruh oleh batik pesisiran.

Motif batik tasikmalaya mempunyai tiga motif batik populer yaitu motif batik burung, motif batik payung, dan motif batik kacang panjang yang sangat kental dengan nuansa kota parahyangan. Beberapa motif pengembangan dari batik tasikmalaya yang lain seperti batik bunga anggrek dengan isen-isen burung, motif batik merak ngibing, motif batik cala culu, motif batik pisang bali, motif batik sapu jagat, dan motif batik awi ngarambat juga ada beberapa motif turunannya yang bermotif seperti akar, balimbing, antanan, guci latar batu, lancah tasik, rereng daun peuteuy papangkah, sente, tsunami udey, merak, gunung kawi, lamban samping, kadaka, lancah sawat ungu, renfiel, rereng orlet, rereng sintung, manuk latar sisik, manuk rereng peutey selong, merak latar haremis, sidomukti payung, taleus sukaraja, sisit naga, dan turih-wajit-Limar. Batik tasikmalaya tidak seperti batik jawa pada umumnya yang memiliki filosofi luhur pada setiap motifnya, namun batik tasikmalaya hanya memberikan pesan bahwa kita harus bersinergi dengan alam untuk menjaga kelestariannya.

Setiap motif batik tasikmalaya dapat kita gunakan menjadi model baju batik modern dengan memadukan antara kontemporer dan kekinian yang dapat kita lihat pada beberapa pagelaran busana akhir-akhir ini pada even Jakarta fashion week.

Gambar batik tasikmalaya

Berikut ini merupakan gambar batik tasikmalaya dengan beberapa motif batik unggulan.

Daftar Pustaka Batik Tasikmalaya

  • Batik Tasikmalaya yang Unik, 2013. BudayaIndonesiaNET. OnLine: http://goo.gl/iCdyxL. diakses 31 Desember 2015.
  • Batik Tasikmalaya, 2013. FitinLine. OnLine: http://goo.gl/vS2EAj. diakses 31 Desember 2015.
  • Batik Tasikmalaya, 2011. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Online: http://goo.gl/70JmpL diakses 31 Desember 2015
  • Batik Tasikmalaya merupakan Produk Unggulan, 2015. Pemerintah kota Tasikmalaya. Online: http://goo.gl/alAz42 diakses 31 Desember 2015

 

Save

Tags:

batik tasikmalaya,Batik Tasik,motif batik tasik,motif batik tasikmalaya,batik tasikmalaya dan penjelasannya,sejarah batik tasikmalaya,jelaskan mengenai batik tasikmalaya dan ciamis,gambar batik tasikmalaya,motif batik tasikmalaya dan penjelasannya,batik khas tasikmalaya

Our Office

Address. Perum Jombor Baru 1/10, Sendangadi, Mlati, Sleman Yogyakarta 55284

Phone/WA. +62 811 3644 387
Pin BB. 7F92A270
E-mail. info@batik-tulis.com

Hours. 08.00 - 21.00 WIB

Print & Download Katalog

08113644387 (WA)

Pin BB : 7F92A270

Customer service 1