Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
08113644387 (WA)
7F92A270
Customer service 1
Customer service 1

Sejarah Motif Batik Jember dan Penjelasannya

Wednesday, January 20th 2016.
Rating

Sejarah Motif Batik Jember dan Penjelasannya — Saat ini, dunia fashion indonesia terutama batik sudah sangat berkembang dan beragam mulai dari model sampai dengan motif batik baru yang tercipta atas ide kreatif para seniman batik indonesia. Daerah-daerah yang memang bukan merupakan kampung batik berlomba-lomba membuat ide kreatif mengenai pembuatan motif batik baru yang identik dengan wilayah tersebut, misalnya motif batik jember yang tercipta merupakan hasil dari kreativitas para seniman batik lokal akan ciri khas Jember yaitu salah satu sentra tembakau terbaik di Indonesia. Sebelum jauh membahas tentang motif batik jember, mari kita kenali dahulu kota Jember ini yang merupakan salah satu wilayah kabupaten yang berada di propinsi Jawa Timur dengan luas wilayah sekitar 3.293,34 kilometer persegi dengan ketinggian di antara 0 sampai dengan 3.330 MDPL. Dengan kisaran MDPL tersebut maka tidak heran jika rerata suhunya diantara 23 derajat sampai dengan 32 derajat selsius dengan jumlah penduduk sebanyak 2.529.967 jiwa menurut BPS pada thahun 2013 dan tingkat kepadatan penduduk rata-rata sekitar 787,47 jiwa per kilometer persegi. Kabupaten Jember ini mempunyai 31 kecamatan yang terletak di area Tapal Kuda, Jawa Timur. Oh iya, ultahnya Kabupaten Jember jatuh pada tanggal 1 Januari 1929 berdasarkan Staatsblad Nomor 322, dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda.

Sejarah Motif Batik Jember

Kabupaten Jember begitu terkenal sebagai salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia, hingga tidak heran jika masyarakat setempat punya ide kreatif dengan mengabadikannya dalam selembar kain batik tulis yang selanjutnya kita sebut saja batik jember. Daun tembakau yang memiliki julukan daun emas, digoreskan diatas sehelai kain katun menggunakan canting hingga membentuk pola yang beraturan mengacu pada konsep bebas-kontemporer guna menghasilkan selembar kain batik tulis jember yang khas dan mengakar pada kultur atau budaya masyarakat jember.

Kita coba flash back ke beberapa tahun sebelumnya, sebenarnya kegiatan membatik di jember sudah ada sejak jaman Belanda atau saat batik Van Zuylen aka batik pekalongan populer di eropa. Sejarah tidak pernah mencatat kapan awal mula kegiatan membatik di kota jember ini, tapi yang jelas mulai tahun 2010 produsen batik Rolla mengangkat kembali motif batik jember yang pada akhirnya ditahbiskan menjadi batik jember. Motif batik Jember buatan mereka tidak lagi mengikuti tata aturan motif batik seperti pada motif batik Solo, batik Jogja maupun batik Pekalongan namun lebih mengarah suatu motif yang bebas dan kontemporer.

Secara turun temurun motif batik daun tembakau mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar selalu menjadi komponen utama dalam membuat motif-motif batik kombinasi terbaru guna memenuhi selera pasar yang beragam oleh perajin batik di Kecamatan Sumberjambe tersebut.  Sebagian besar perajin batik di desa sumberpakem adalah perempuan disamping sebagai buruh tani. Sekitar 33 motif batik tulis pernah dipamerkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jember melalui salah satu situs jejaring sosial media, diman tujuh motif batik diantaranya didesain langsung oleh ibu Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Bupati Jember.

Gambar Motif Batik Jember

batik jember

batik jember – Batik Rolla Jember

Sentra batik Jember

Sentra batik jember berada di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe dan kelurahan Jemberlor Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jatim. Saat ini masyarakat diluar jember belum banyak mengenal batik jember karena masih kalah populer dengan batik solo, batik yogyakarta dan batik madura, tapi mereka selalu melakukan inovasi dalam pembuatan motif batik nya, salah satunya dengan menambahkan ragam motif batik jember seperti buah cokelat, biji kopi, juga buah naga. Salah satu produsen batik yang juga menjadi pioneer batik jember mempunyai cita-cita untuk membangun kampung batik di wilayah patrang dan menjadikan Kabupaten Jember sebagai kota batik tulis terbesar di propinsi Jawa Timur.

Daftar Pustaka Sejarah Motif Batik Jember dan Penjelasannya

  • Super User, 2014. Batik Sumber Jambe Jember. TP PKK Kabupaten Jember Online: http://goo.gl/d5hI9z
  • Zumrotun Solichah, Aditia Maruli, 2009. Motif Tembakau Jadi Khas Batik Jember. Antaranews Online: http://goo.gl/Sw0a97
  • Jember Tourism, 2012. Motif Batik Jember. Online: http://goo.gl/uSf3nv
  • Fitinline, 2013. Motif Batik Jember. Online: http://goo.gl/6egkGk
  • Wikipedia, 2010. Kabupaten Jember. Online: https://goo.gl/975B2b
  • Batik Rolla Jember, 2010. Gambar Motif Batik Jember. Online: https://goo.gl/sDE9Y4

Tags:

batik jember,motif batik jember,gambar batik jember,batik khas jember,motif batik jember dan sejarahnya,batik jember dan keterangannya,motif dau tembakau yang mufah di gambar,batik jember sumberjambe,motif batik jawa timur dan keterangannya,motif batik daun tembakau

Our Office

Address. Perum Jombor Baru 1/10, Sendangadi, Mlati, Sleman Yogyakarta 55284

Phone/WA. +62 811 3644 387
Pin BB. 7F92A270
E-mail. info@batik-tulis.com

Hours. 08.00 - 21.00 WIB

Print & Download Katalog

08113644387 (WA)

Pin BB : 7F92A270

Customer service 1