Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
08113644387 (WA)
7F92A270
Customer service 1
Customer service 1

Sejarah Motif Batik Garut dan Penjelasannya

Tuesday, January 17th 2017.
Rating

Batik Garut dan Penjelasannya. Garut merupakan wilayah kabupaten yang sebagian besar merupakan pegunungan, hal ini ditunjukkan oleh ketinggiannya sebesar 717 mdpl dan dikepung oleh Gunung Cikuray (2.821 m), Gn. Karacak (1.838 m), Gn. Papandayan (2.622 m), serta Gn. Guntur (2.249 m). Ketika masa pendudukan belanda menjadi tempat peristirahatan para kaum ekspatriat kala itu.

Batik Jawa Barat berkembang pesat karena banyak mendapat pengaruh dari para penduduk pendatang dari Jawa Tengah. Perpindahan penduduk ini terjadi saat terjadinya perang pangeran Diponegoro melawan Belanda sekitar tahun 1825. Batik Garut mulai tahun 1945 lebih populer dengan sebutan Batik Tulis Garutan, yang mengalami masa kejayaan antara tahun 1967 – 1985. Akan tetapi faktor keterbatasan bahan baku, modal kerja dan lemahnya stratergi pemasaran batik tulis garutan yang diterapkan, menyebabkan ketersediaan barang yang langka hingga menurunkan minat para penggemar batik tulis garut dan beralih ke produk alternatif lainnya.

Ciri Khas Batik Garutan

kekhasan batik garutan dapat kita lihat secara sederhana melalui warna latar pada kain batik nya yang berwarna kuning gading atau orang setempat menyebutnya gumading. Juga, pada setiap ujung kain batik di ulir simpel membentuk keliman kecil kemudian disom, yang selanjutnya lebih dikenal dengan istilah beulit kacang.

Salah satu pecinta batik indonesia yaitu Bapak Hartono, telah mempunyai koleksi lebih dari 300 kain batik garutan dan semuanya dijahit beulit kacang. Perlu kita ketahui juga, selain sebagai kolektor batik, beliau juga merupakan pemilik dari toko batik Citra Lawas dan toko batik Kencana Ungu yang saat ini sedang mulai populer. Menurut pendapat beliau pada jaman dahulu para pe batik Garut lebih pandai berjualan jika dibandingkan dengan para pe batik Tasikmalaya sehingga tempat yang dahulu kala lebih di kenal dengan nama Swiss van Java itu cenderung lebih populer.

Dalam sejarah perkembangan motif batik nya, batik Garut dan batik Tasik banyak dipengaruhi dari unsur dasar daerah lain. Seperti pada corak batik kawung, parang, dan batik sidomukti yang dipengaruhi Solo dan jogja. Warna-warna cerah yang disajikan, seperti pada warna merah jambu serta ungu muda, banyak dipengaruhi oleh batik pesisiran ie. batik Pekalongan guna menyesuaikan selera pasar kekinian saat ini.

Batik cirebon dengan motif batik mega mendung diadopsi menjadi motif Tiga Dara dalam ragam batik garutan. Selain itu ada juga motif corak unggas, motif bangau, motif merak, motif manuk dadali, juga motif batik Gunung Cikuray.

Motif Batik Garut

Setiap motif Batik Garutan yang tercipta, merupakan representasi dari falsafah hidup, kehidupan sosial budaya, dan adat istiadat masyarakat tanah pasundan khususnya di wilayah Garut, hal ini dapat kita lihat pada ragam corak motif Rereng Pacul, motif Rereng Peuteuy, motif Rereng Kembang Corong, dan motif Rereng Merak Ngibing.

Motif  batik Rereng Pacul misalnya merepresentasikan warga asli Garut yang kebanyakan berprofesi sebagai petani yang melakukan kegiatan bercocok tanam, mencangkul di sawah pun juga di kebun.

Motif batik Rereng Peuteuy, pun juga begitu dengan menonjolkan tumbuhan peuteuy (pete) sebagai ornamen utama dalam membentuk pola geometris pada kain batik nya. Selain kedua motif tersebut, ada beberapa motif batik yang mengadopsi pola flora dan fauna dari wilayah Garut, seperti pada motif batik Lereng Adumanis, Lereng Calung, Lereng Suuk, Lereng Daun, Bilik, Cupat Manggu, dan motif Sapu Jagat. Motif Batik Garutan yang paling populer yaitu motif burung merak atau biasa lebih dikenal dengan sebutan motif Merak Ngibing dan motif Bulu Hayam dengan latar mengambil warna putih gading.

Gambar Batik Garut

Batik Garut - Limar

Motif Batik Limar

batik garut

Motif Batik Garut era 1965-an

batik garutan

Model Baju Batik Garutan

 

model baju batik garut - zaskia sungkar

model baju batik Garut – Zaskia Sungkar

Daftar Pustaka Sejarah Motif Batik Garut dan Penjelasannya

  • Sejarah Batik Garutan, Batik.or.id. Online: https://goo.gl/GPq7Wt
  • ke garut jangan lupa borong batik tulisnya, CoverageMagz. Online: https://goo.gl/1RTGEF
  • Batik Garut, FitInLine. Online: https://goo.gl/TLiQdx

Tags:

batik garut,motif batik garut,motif batik garutan dan maknanya,batik garutan,batik garutan dan penjelasannya,desain grafis batik khas garut anak sekolahan,makna dari batik garut pangurutan motif abstrak matahari,ciri khas batik garut,deskripsi motif batik garut,filosofi batik garut

Our Office

Address. Perum Jombor Baru 1/10, Sendangadi, Mlati, Sleman Yogyakarta 55284

Phone/WA. +62 811 3644 387
Pin BB. 7F92A270
E-mail. info@batik-tulis.com

Hours. 08.00 - 21.00 WIB

Print & Download Katalog

08113644387 (WA)

Pin BB : 7F92A270

Customer service 1